Myxero ~ Welcome To My Blogspot - Thanks For Visiting ~ Myxero

Minggu, 10 Februari 2013

Biografi Alessandro Volta



Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta (18 Februari 1745 - 5 Maret 1827) adalah seorang fisikawan Italia. Ia terutama dikenal karena mengembangkan baterai pada tahun 1800.
Alessandro Volta
dilahirkan pada tanggal 18 Februari 1745 di Como, Lombardia, Italia. Ia berasal dari keluarga bangsawan. Masa kecil Volta mengalami perkembangan yang kurang baik, tidak seperti anak-anak lainnya. Volta dianggap sebagai anak yang bodoh dan terbelakang. Namun, tidak ketika besar, Volta memiliki kemampuan yang dapat menandingi teman-teman sebayanya. Bahkan pada usia 14 tahun, Volta menegaskan keinginannya untuk menjadi seorang ahli fisika.
Berkat ketekunan dan semangatnya yang tinggi, akhirnya Volta berhasil menjadi seorang ilmuwan yang disegani. Selain baterai, Volta juga memiliki sejumlah penemuan yang terkenal, di antaranya kondensator, eudimeter, pistol listrik, dan lampu udara. Volta pernah menjadi guru besar dan dikenal juga sebagai seorang pengarang. Cikal bakal penemuan baterai sendiri berawal dari seorang ahli fisiologi yang sekaligus teman Volta bernama Luigi Galvani yang melakukan eksperimen terhadap kaki katak yang diikat dengan kait tembaga pada tahun 1786. Pada saat kaki katak tersebut menyentuh besi, maka secara otomatis kaki tersebut berdenyut. Berdasar kejadian tersebut, Galvani berpendapat bahwa ternyata daging katak mengandung listrik.
Kesimpulan tersebut tidak langsung diterima mentah-mentah oleh Volta. Bahkan, ia sendiri kemudian larut dalam serangkaian eksperimen untuk membuktikan kebenarannya. Hasilnya, pada tahun 1794 atau delapan tahun setelah kejadian itu, Volta memperoleh kesimpulan dari eksperimennya, ternyata listrik yang dimaksud Galvani bukan berasal dari daging katak, melainkan dari logam. Dari sinilah, kemudian timbul perdebatan sengit antara pengikut Volta dengan pengikut Galvani.
Sayangnya, perdebatan tersebut tidak membuahkan titik temu selama rentang waktu 6 tahun lamanya. Hingga pada tahun 1800, Volta berhasil menemukan baterai. Penemuannya ini sekaligus menumbangkan teori Galvani dan menghentikan perdebatan yang terjadi di antara dua kubu tersebut.
Alessandro Volta meninggal dunia pada usia 82 tahun atau tepatnya pada 5 Maret 1827 di tanah kelahirannya, Como. Ia meninggalkan sebuah penemuan yang luar biasa,yaitu baterai. Karena itu, Ia mendapatkan julukan Alessandro Volta sang Penemu Baterai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar