Myxero ~ Welcome To My Blogspot - Thanks For Visiting ~ Myxero

Minggu, 10 Februari 2013

Contoh Makalah : Manfaat Internet Bagi Pelajar



MANFAAT INTERNET BAGI PELAJAR

Pendahuluan
           
Internet merupakan bagian dari kehidupan semua orang. Di Indonesia sendiri, penggunaan internet dalam dunia pendidikan masih minim. Khususnya pelajar, yang sebagian hanya menggunakan internet untuk sarana berkomunikasi dan bermain. Padahal internet sangat berpengaruh bagi pendidikan.
            Internet sebenarnya sangat bermanfaat bagi pelajar di Indonesia. Dalam karya tulis ini akan membahas tentang manfaat internet dalam dunia pendidikan, supaya pelajar bisa mengetahui manfaat internet tersebut untuk kepentingan pendidikan.


Rumusan Masalah
Bagaimana Manfaat Internet Bagi Pelajar?
  

Isi

Internet bagi pelajar mungkin hanyalah tempat untuk hiburan dan komunikasi, terbukti namun sebenarnya internet mengandung manfaat yang besar untuk siswa.
Baik dalam mencari informasi, terutama yang berkaitan dengan materi yang diajarkan di sekolah. Internet membantu siswa dengan berbagai manfaat.
Berikut adalah beberapa manfaat internet bagi para siswa, antara lain :
1. Keterampilan Siswa Terhadap Komputer
Internet membantu siswa mengembangkan keterampilan komputer mereka. Hal ini juga dapat membantu siswa dalam keterampilan menulis mereka. Dalam beberapa bentuk, internet dapat membantu siswa dengan keterampilan berpikir kritis, siswa dihadapkan dengan informasi yang lebih banyak daripada yang pernah mereka gunakan atau butukan. Hal ini mengharuskan mereka untuk memilah – milah informasi dan memutuskan yang mana yang paling penting dan relevan dengan materi yang diajarkan.
2. Media Sosial
Dengan e-mail, siswa dapat melakukan kontak dengan siswa lainnya di seluruh dunia, mempelajari hal yang sama untuk kepentingan mereka. Sekaligus Mempercepat dan mempermudah alih ilmu pengetahuan dan teknologi.



3. Proyek Sekolah dan Pekerjaan Rumah
Internet dapat menjadi sumber yang besar untuk siswa agar mencoba untuk mencari informasi untuk proyek sekolah atau mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru pengajar.
4. Berita
Internet memungkinkan siswa untuk membaca berita tertentu dari subjek yang mereka pelajari. Jika mereka mempelajari berita politik yang terjadi di seluruh negeri, dimana mereka dapat melakukan pencarian berita dan mencari apa yang terjadi pada dunia politik pada saat itu. Hal ini dapat membantu siswa terhubung kepada hal yang mereka pelajari di dunia nyata, hal ini juga dapat menjaga mereka agar tetap tertarik pada subjek. Siswa mungkin memiliki rentang perhatian yang lebih lama pada teknologi dibandingkan dengan bentuk-bentuk lain dari pembelajaran tradisional.
5. Mahasiswa Masa Depan
Siswa tentu saja di masa yang akan mendatang akan harus menggunakan komputer untuk penelitian di perguruan tinggi, bahkan bila lulus kelak dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari mereka, apalagi sekarang ini internet adalah gaya hidup hampir semua orang saat ini.
6.  Pembelajaran Lebih Konseptual dan Up To Date (Aktual).
7. Sebagai Perpustakaan Elektronik.
Berbagai macam buku bisa kita temukan di internet tanpa mengeluarkan banyak biaya, tentu saja itu bisa memberikan kemudahan untuk para siswa mencari buku yang diperlukannya.

Penutup
            Pelajar hanya tidak tahu bagaimana manfaat internet bagi pendidikan. Luar biasa jika para pelajar mengetahuinya karena ini sangat penting bagi pelajar modern seperti sekarang.

Kesimpulan
            Beberapa manfaat internet bagi pelajar ini diharapkan bisa menambah pengetahuan para pelajar tentang manfaat internet sebenarnya untuk para siswa. Bukan hanya hiburan dan komunikasi, tetapi juga sarana untuk belajar. Karena, internet sangat berguna bagi pelajar untuk kepentingan pendidikan.

Saran

            Semoga para pelajar bisa menggunakan internet dengan baik dan benar untuk kepentingan masa depan. Supaya manfaat internet bisa dirasakan oleh setiap kalangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar